Rabu, 14 Maret 2012

Budidaya Ayam Pelung


Sekarang Ayam Pelung ini semakin terkenal dan cukup diminati oleh masyarakat umum, wisatawan nusantara dan mancanegara. Seorang Putra Kaisar Jepang pernah berkunjung ke Warungkondang untuk melihat peternakan Ayam Pelung tersebut. Bahkan di Cianjur setiap tahun diselenggarakan kontes Ayam Pelung yang diikuti pemilik dan pemelihara ayam pelung se-Jawa-Barat dan DKI Jakarta. Ayam Pelung terbaik yang menjadi juara kontes bisa mencapai harga jutaan rupiah.

JUAL AYAM PELUNG BANDUNG



Usaha Jaya Sukses (UJS) menjual Ayam Pelung Anakan mulai dari mingguan , bulanan berbagai Tipe hingga Dewasa sampai siap Kontes.Harga bersaing tergantung umur dan kualitas suara .
SEGERA DATANG KE ALAMAT: PERUM BINA KARYA 2 NO.A77 RT.03/19 GUNUNG BENTANG KEC.PADALARANG BANDUNG BARAT, ATAU KONTAK KAMI VIA TELEPHONE.
KAMI SIAP MENERIMA PESANAN ANTAR PULAU ( SUMATERA , KALIMANTAN , BALI , dll)
HUBUNGI:

  • DEDY HARYADI TLP.(022)92284459
  • DEVIS AKBAR HP.085323979798
  • MEDIA YUSRO HP.085222498778 n 08997955747
Semoga kami bisa membantu anda....terima kasih..

Nama ayam pelung berasal dari bahasa sunda Mawelung atau Melung yang artinya melengkung, karena dalam berkokok menghasilkan bunyi melengkung juga karena ayam pelung memiliki leher yang panjang dalam mengahiri suara / kokokannya dengan posisi melengkung.

Pada awalnya ayam pelung terdapat di daerah Jawa Barat, terutama didaerah Cianjur. Namun pada perkembangannya saat ini, ayam pelung sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Ayam pelung itu sendiri termasuk jenis ayam buras (bukan ras), yaitu ayam yang berasaldari asli Indonesia. Dari bentuknya hampir sama dengan ayam buras lainnya, hanya saja pada ayam pelung terdapat beberapa kelebihan ayam

pelung yang membedakan ayam pelung tersebut dengan ayam buras lain.

Kelebihan – Kelebihan ayam pelung antara lain sebagai berikut :
1. Postur badan yang besar

Ayam pelung merupakan jenis ayam buras yang paling besar bobotnya bila dibanding ayam buras lain. Ayam pelung jantan dewasa bisa mencapai bobot 5 – 6kg/ekor, sedang ayam pelung betina maximum bisa mencapai

3,5kg/ekor. Besarnya pertumbuhan bobot ayam pelung ini menjadikan ayam pelung  juga berpotensi sebagai ayam buras pedaging.






2. Perkembangan Ayam lebih Cepat

Bila dibanding dengan ayam buras lain, pertumbuhan ayam pelung lebih cepat besar, hal ini karena ayam pelung  memiliki postur tubuh yang besar, sehingga perkembangan ayam pelung dari mulai anakan hingga ayam pelung dewasa akan lebih cepat besar.




3. Suara berkokok yang berlagu dan panjang


Yang paling menarik dari ayam pelung adalah suara berkokoknya yang khas yaitu, berirama/berlagu dan panjang. Ayam pelung yang berkwalitas mempunyai suara yang tidak sekedar panjang, akan tetapi suara kokok
ayam pelung yang mengalun panjang dengan berirama/berlagu seperti
ketukan bunyi burung perkutut.





Selain kelebihan – kelebihan di atas, ayam pelung juga memiliki ciri – ciri yang membedakan ayam pelung dengan ayam buras lain, antara lain :

1. Badan      : Postur badan ayam pelung besar, tagap dan kokoh
2. Kaki         : Biasanya kaki ayam pelung lebih besar dan berwarna hitam kebiru-biruan
3. Bulu      : Bulu pada ayam pelung terlihat lebih mengkilap, dan untuk warnA pada  bulu ayam pelung tidak memiliki warna yang khas, pada umumnya warna ayam pelung yaitu campuran antara hitam dan merah ataupun campuran antara kuning dan putih ataupun campuran hijau.
4. Pial       : Pial pada ayam pelung besar, bulat dan berwarna kemerahan
5. Jengger : Ayam pelung memiliki jengger dengan jenis jengger tunggal, bentuk jengger ayam pelung  besar, tebal dan tegak, meskipun ada sebagian ayam pelung  yang juga memiliki jengger miring, dan warna jengger ayam pelung adalah merah.
6. Suara   : Suara berkokok pada ayam pelung lebih berirama/berlagu dan lebih panjang dari suara ayam buras lain.

Pada umumnya para penggemar ayam pelung tertarik memelihara ayam pelung karena postur tubuhnya yang besar, perkembangan ayam pelung yang cepat dan makin tertarik setelah mendengar alunan suara berkokok
ayam pelung yang berirama/berlagu dan panjang.

Sekarang ini sudah banyak orang yang membudidayakan ayam pelung selain untuk hobby juga bertujuan agar nantinya kelestarian ayam pelung tetap terjaga dan tidak punah. Salah satu cara yang digunakan untuk menumbuhkan rasa kecintaan dalam membudidayakan ayam pelung adalah dengan diadakannya kontes - kontes ayam pelung , terutama di daerah Jawa Barat. Diadakannya kontes ayam pelung, selain sebagai sarana untuk melestarikan ayam pelung juga untuk mencari bibit – bibit ayam pelung yang berkwalitas. 

Budidaya Ayam Pelung

Budidaya yang bertujuan untuk menghasilkan keturunan ayam pelung yang unggul dan baik terus dilakukan secara teliti dan tepat, yang mencakup antara lain : Pemilihan Induk, Pemilihan Pejantan, Teknik pemeliharaan dan kesehatan (sanitasi kandang & vaksinasi berkala). Dengan perkembangan teknologi belakangan ini, kita semua sependapat bahwa ayam pelung harus dikembangkan dan dibididayakan secara maksimal untuk kepentingan kesejahteraan manusia, tetapi dari sisi melestarikan dan mengembangkan ayam pelung dengan tidak harus merusak atau memusnahkan ras pelung yang sudah ada dan terbukti memiliki berbagai keunggulan.

Budidaya ayam pelung memang suatu hal yang masih terasa asing di telinga kita terutama bagi kita yang ada di wilayah jateng dan mungkin jatim. Peternak Ayam Pelung kebanyakan ada di wilayah jawa barat seperti Garut, Bandung, Cianjur dll.

Budidaya ayam pelung bisa dijadikan sebagai usaha sampingan bagi kita yang sudah bekerja di suatu instasi swasta atau pun bagi pegawai negeri. Dari beternak ayam pelung kita bisa mendapatkan hasil yang lumayan untuk membantu dapur kita agar terus "ngebul".
Arikel Terkait :
Ayam Pelung , harga ayam pelung , jual ayam pelung ,gambar ayam pelung,tenak ayam pelung suara ayam pelung ,makanan ayam pelungkandang ayam pelung , peternak ayam pelung ,perawatan ayam pelung , agromania ayam pelung , bibit ayam pelung , budi daya ayam pelungvideo ayam pelung ,merawat ayam pelungbeternak ayam pelungpeternak ayam pelung ,foto ayam pelunganak ayam pelung ,cara merawat ayam pelung,  cara memelihara ayam pelung , cara beternak ayam pelung ,pejual ayam pelung ,ayam pelung cianjur , ciri ciri ayam pelung , cara ternak ayam pelung , vidio ayam pelung ,ayam pelung asli , ayam pelung putih ,melatih ayam pelung ,ayam pelung superjual anak ayam pelung , ayam pelung mania,ayam pelung murah , ayam pelung kualitas ,kontes , jual ayam pelung ,pejual ayam pelung ,ayam pelung bandung ,ayam pelung jakarta,ayam pelung medan, ayam pelung dewasaayam pelung anakan,jual anakan ayam pelung, penjualan ayam pelung ,ayam pelung murah ,jual ayam pelung murah ,menjual ayam pelung murah, ayam pelung mania ,ayam pelung yogyakarta, ayam pelung palembang, ayam pelung surabaya ,ayam pelung semarang, ayam pelung riau, ayam pelung ,suara bagus ayam pelung terbaik, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar